Selasa, 11 November 2014

Musim Buah di Kebun Belakang


Saatnya panen buah-buahan di kebun...

Markisa, rambutan, duku, mangga dan lain-lain mulai berbuah di awal musim hujan ini. Awal November ini hujan turun setiap hari. Udara panas terik telah berganti menjadi sejuk dan dingin. Buah-buahan bergelantungan di ujung-ujung ranting.

Sangat menyenangkan jika mengajak keponakan-keponakan bermain ke kebun. Kampung halaman di Manado memang tempat liburan yang mengasyikan. Bisa mengenal berbagai macam buah-buahan langsung dari pohon-pohonnya. belajar memetik buah dan tahu bagaimana caranya bertumbuh.




Kenari hasil tumbuk, sudah dikupas dari buahnya. Siap dijemur dan disimpan dalam toples. Jika akan membuat kue kering atau klaper tart, bisa dipakai untuk melengkapi lezatnya kue-kue khas Manado.



Pisang sepatu ini enak untuk digoreng, dimakan dengan sambel khas manado. Begitu pula ubi-ubinya. Jika tersisa atau busuk, masih bisa dimanfaatkan untuk makanan ikan di telaga-telaga kebun.



Biji pala ini sedang dijemur. Jika sudah kering, bisa dicampur di sup sebagai bumbu atau dimasukkan ke dalam toples gula untuk mencegah semut masuk ke dalamnya.

Senangnya berlibur ke kampung halaman. Masih bisa menikmati udara desa yang sejuk. Jangan pernah lupa akan kampung halaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar